Tim relawan pendata SDGs siap terjun ke Masyarakat Desa Polowangi

Polowangi – Guna mendukung pendataan program Sustainable Development Goals atau kita kenal dengan SDGs, hari ini Jumat (23/4) Pemerintah Desa Polowangi melaksanakan bimbingan teknis untuk para relawan pendata. Sebagaimana diketahui SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan BerkelanjutanSDGs Desa merupakan role pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021.

Di Desa Polowangi, jumlah relawan pendata sebanyak 4 orang yang masing-masing akan melakukan pendataan pada lingkungan RT setempat. Yaitu Triwinarto, Muhroni, Linda Sundari dan Tutut Indriastuti. Hadir selaku narasumber pada bimtek yang digelar di Kantor Desa tersebut yakni Ibu Ponijah (PLD) berharap pelaksanaan pendataan SDGs ini dilaksanakan sebaik-baiknya, karena hasil pendataan akan menjadi indikator yang akan di integrasikan ke dalam RPJM Nasional 2020 – 2024, sehingga penting sekali untuk mendapatkan hasil pendataan yang valid.

Sementara itu Agus Suparmin (Sekdes) selaku Ketua Tim Relawan SDGS menjelaskan dalam pemaparannya bahwa Upaya pencapaian SDGs desa dalam situasi dan kondisi Pandemi COVID-19 tidaklah mudah, karena itulah, penggunaan dana desa 2021 diprioritaskan untuk membiayai kegiatan yang mendukung pencapaian 10 (sepuluh) SDGs desa yang berkaitan dengan kegiatan pemulihan ekonomi nasional, program prioritas nasional, dan adaptasi kebiasaan baru desa.

Adapun 10 SDGs dimaksud dalam situasi dan kondisi Pandemi Covid-19 adalah :

  1. Desa tanpa kemiskinan,
  2. Desa tanpa kelaparan,
  3. Desa sehat sejahtera,
  4. Keterlibatan perempuan desa,
  5. Desa berenergi bersih dan terbarukan,
  6. Pertumbuhan ekonomi desa merata,
  7. Konsumsi dan produksi desa sadar lingkungan,
  8. Desa damai berkeadilan,
  9. Kemitraan untuk pembangunan desa, dan
  10. Kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif

Secara umum bimtek berjalan dengan baik dan lancar, dengan penguasaan teknis dan materi yang telah disampaikan oleh  narasumber, peserta siap melaksanakan kegiatan pendataan dilapangan.(AS)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan