Mahasiswa Kembali Ke Desa: Magang di Desa Mengembangkan IT Desa

Polowangi (23/4/2021) Hari ini adalah hari 15 Muhammad Ferdy Yulistyo magang di kantor Desa Polowangi Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo.

Ferdy merupakan Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta Jurusan Informatika yang sedang menempuh kuliah sampai semester 6.

Melalui kegiatan magang ini mahasiswa diharapkan dapat belajar dan memberi kontribusi, dengan paktik kerja secara langsung. Termasuk di dalamnya adalah praktik Manajemen Informasi di Desa.

Kegiatan Magang untuk Desa ini juga sejalan dengan program kampus Universitas PGRI Yogyakarta yang dimaksudkan mencegah penyebaran COVID 19. Sehingga para mahasiswanya diarahkan untuk Magang di lokasi tempat tinggalnya salah satu opsinya adalah di Kantor Desa.

Ditemui disela kesibukanya ferdy berencana mengembangkan beberapa aplikasi yang nantinya bisa digunakan oleh desa. Diantaranya aplikasi surat menyurat, kependudukan, statistik desa dan website desa.

Program ini menjadi sinyal baik bagi Desa, yang mana ketika akademisi dalam hal ini mahasiswa sudah memiliki komitmen untuk turun ke desa, mau belajar tentang Desa, maka nanti akan kembali ke desa masing-masing dengan bekal cukup perihal desa  sehingga dapat mengembangkan, menumbuhkan dan memajukan desa masing-masing. (SP)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan